DISTRIBUTOR NASA SEMARANG

Cara Mudah Mengatasi Hama Tanaman CABAI

     Usaha tani tanaman cabai (Capsium annuum L.) memerlukan modal besar dan ketrampilan yang cukup. Tidak jarang petani tanaman cabai memperhitungkan faktor cuaca, fluktuasi, harga, atau serangan hama. Oleh karena itu, segala resiko dalam budidaya tanaman cabai harus dipertimbangkan secara matang.

Cara Mudah Mengatasi Hama Tanaman Cabai

     Serangan hama merupakan salah satu faktor resiko yang cukup besar dalam budidaya cabai. Agar sukses menjalankan usaha tani cabai, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis hama yang biasa menyerang tanaman cabai.

Berikut ini beberapa jenis hama utama yang sering menyerang tanaman cabai di Indonesia :

1. HAMA ULAT
     Ulat yang sering menyerang tanaman cabai diantaranya adalah ulat grayak. Ulat jenis ini memakan daun sampai berlubang sehingga mengganggu kemampuan fotosintesis tanaman. Ulat ini juga bisa sampai memakan seluruh daun dan hanya menyisakan tulang-tulang daun. Selain itu, ada dua jenis ulat yang menyerang buah cabai, yaitu : jenis Helicovwepa sp. dan Spodoptera Exigua. Ulat jenis ini membuat lubang pada buah cabai, baik yang masih hijau maupun yang sudah merah.

     Cara mengendalikan hama ulat, yaitu dapat dengan cara mengambil ulat saat malam hari ketika mereka mulai berkeliaran dan menyiangi gulma pada selasar begengan, parit atau lubang-lubang mulsa. Selain itu Anda dapat melakukan penyemprotan dengan insektisida apabila serangan sudah parah. Penyemprotan sebaiknya dilakukan saat malam hari dengan menggunakan PESTONA Pestisida Organik NASA.

2. HAMA KUTU DAUN
     Kutu daun menyerang dengan menghisap cairan pada daun. daun menjadi kering dan permukaan daun menjadi keriting. Kutu daun juga bisa mengundang berbagai penyakit cabai lainnya secara tidak langsung.

     Untuk mengatasi hama kutu daun ini, petik daun-daun yang terserang kemudian musnahkan. Menjaga kebersihan kebun, penggunaan plastik mulsa perak efektif menekan perkembangan kutu daun. Semprot secara berkala dengan PENTANA ditambah AERO Perekat Perata Pembasah.
Paling mudah sebagai penanda adalah dengan memasang METILAT LEM, selain lalat buah yang terperangkap dan tertangkap, kutu daun yang dewasa pun dapat juga tertangkap. Penyemprotan paling efektif dilakukan pada sore hari.

3. HAMA TUNGAU
     Tungau yang biasa menyerang tanaman cabai ialah tungau kuning dan tungau merah. Serangan tungau membuat daun keriting menggulung ke bagian bawah seperti sendok terbaik. daun juga menjadi tebal dan kaku sehingga pembentukan pucuk terhambat, kemudian daun akan menjadi coklat dan mati.

     Apabila tanaman yang terserang sudah dalam kondisi parah, maka tanaman dapat dicabut. Namun, jika belum parah potong bagian pucuk-pucuknya. Sisa tanaman yang terserang dibakar agar tidak menjangkiti yang lain. Tungau juga bisa dibasmi dengan racun tungau seperti akarisida, bukan dengan insektisida.

4. HAMA LALAT BUAH
     Serangan lalat buah pada tanaman cabai menyebabkan kerontokan buah. pada cabai yang terserang apabila dibelah terdapat larva lalat. Bila tidak dibersihkan, larva pada buah cabai yang rontok akan menjadi pupa di dalam tanah, sehingga siklus serangan akan terus berulang.

     Cara mengendalikannya adalah pungut dan kumpulkan buah cabai yang rontok, kemudian musnahkan dengan cara membakarnya. Anda juga bisa menggunakan METILAT LEM. Pemasangan perangkap bisa dilakukan dari awal tanam cabai. Bila serangan sudah parah, semprot dengan insektisida pada pagi hari, ketika daun masih berembun dan lalat belum berkeliaran.

5. HAMA TRIPS
     Tanaman cabai yang terserang trips daunnya akan terlihat garis-garis keperakan, terdapat bercak kuning hingga kecoklatan dan pertumbuhannya kerdil. Bila dibiarkan daun akan kering dan mati. Serangan trips biasanya terjadi lebih hebat pada musim kemarau. Hama ini juga berperan sebagai pembawa virus dan mudah sekali menyebar.

     Anda bisa memanfaatkan predator alami untuk mengendalikan hama ini, seperti kumbang dan kepik. Pemakaian mulsa dan menjaga kebersihan kebun, efektif menekan perkembangannya, Selain itu, rotasi tanaman membantu mengendalikan hama jenis ini. Lakukan penyemprotan bila serangan meluas, yaitu dengan menggunakan insektisida yang berbahan aktif fipronil dan lakukan pada sore hari.

Cara Mudah Mengatasi Hama Tanaman Cabai

Harga PESTISIDA ORGANIK NASA Untuk Mengatasi Hama Tanaman Cabai Tahun 2017 :

  • PESTONA .................... 500 cc Rp.55.000,-
  • AERO ........................... 250 cc Rp.40.000,-
  • PENTANA ................... 100 ml Rp.60.000,-
  • METILAT LEM ........... 100 cc Rp.75.000,-
Harga Tersebut di atas adalah harga untuk Wilayah JAWA Tidak termasuk ongkos kirim.
Untuk konsultasi dan pemesanan, hubungi kami Agen Resmi NASA 085-225-959595, An. ARI KRISTIANTO

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Hama Tanaman CABAI"

Posting Komentar